Penuhi Hak Warga Binaan , Pembimbing Kemasyarakatan Lakukan Litmas di Rutan Kudus

    Penuhi Hak Warga Binaan , Pembimbing Kemasyarakatan Lakukan Litmas di Rutan Kudus
    Pelaksanaan Pembinaan Awal oleh Bapas Pati

    KUDUS - Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) merupakan kegiatan penelitian untuk mengetahui latar belakang kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal ini dilaksanakan oleh Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Pati bagi WBP Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kudus, Rabu (22/02/2023).

    Bertempat di ruang Pelayanan Tahanan, pembinaan awal Litmas dilakukan oleh Ester Kumala S terhadap 6(enam) Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kudus.

    Hasil dari Litmas ini dibuat oleh Pejabat Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan (PK)/ Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) dalam bentuk laporan dan menjadi salah satu syarat administrarif untuk menilai dan menentukan layanan yang tepat dalam rangka pelaksanaan tahapan pembinaan bagi WBP di Lapas/ Rutan mulai dari tahap pembinaan awal, pembinaan lanjutan hingga pembinaan akhir.

    Selain itu laporan litmas juga merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mengetahui kelayakan dapat atau tidaknya seorang WBP ditingkatkan tahapan program pembinaannya menjadi program Asimilasi, integrasi Cuti Bersyarat (CB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), dan Pembebasan Bersyarat (PB).

    Sementara itu, PK Bapas , Ester mengatakan bahwa Litmas Awal dilakukan secara bertahap. Ester juga berpesan agar para WBP selalu berbuat baik agar nantinya mendapatkan program Asimilasi , CB , CMB dan PB.

     “Kegiatan Litmas terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif  untuk menentukan program pembinaan yang akan diberikan untuk narapidana, yang mana data litmas akan digunakan dalam Pelaksanaan Sidang TPP, " Ujarnya.

    #kemenkumhamjateng#kemenkumhamri
    David Fernanda Putra

    David Fernanda Putra

    Artikel Sebelumnya

    Rutan Kudus berikan layanan terbaik kepada...

    Artikel Berikutnya

    Pemanasan H-28 Ramadhan, WBP Rutan Kudus...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Hendri Kampai: Teknik Membuat Prompt untuk Penulisan Rilis Berita
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Portal-portal Keren yang Banyak Digunakan untuk Search Engine Optimation
    Tim Advokasi Amicus Desak Presiden Jokowi Segera Revisi PP 94/2012 Demi Kesejahteraan Hakim
    Indonesia Satu: Media Pemersatu Bangsa

    Tags