Kanwil Kemenkumham Jateng Ramaikan HUT Dekranas Ke-44 di Surakarta

    Kanwil Kemenkumham Jateng Ramaikan HUT Dekranas Ke-44 di Surakarta

    Surakarta - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ikut memeriahkan HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) melalui booth Layanan Publik bertempat di Pamedan Mangkunegaran Surakarta, Kamis (16/05).

    Expo Dekranas 2024 sendiri diselenggarakan oleh Dekranas dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 15-18 Mei 2024.

    Kemenkumham Jateng menghadirkan layanan publik berupa Layanan Pendaftaran Kekayaan Intelektual, Perseroan Perorangan, Appostile, Pewarganegaraan, Pemasyarakatan, Konsultasi Bantuan Hukum & HAM, dan Layanan Paspor serta Layanan BHP Semarang.

    Kakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto menyebut keikutsertaan Kemenkumham dalam HUT Dekranas Ke-44 ini guna mendekatkan layanan kepada masyarakat luas. 

    "Kanwil Kemenkumham Jateng mewakili Kemenkumham RI turut ambil bagian di Dekranas agar masyarakat lebih mengenal tugas dan fungsi dari Kemenkumham, " terangnya.

    Dekranas yang menurut Tejo merupakan ajang kerajinan tingkat nasional ini membawa motivasi tersendiri untuk lebih mendekatkan jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jawa Tengah kepada masyarakat.

    Tejo menambahkan, pihaknya juga memamerkan berbagai hasil kerajinan kemandirian para narapidana di Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan.

    Hal ini untuk memastikan kerajinan tangan para narapidana yang merupakan kerajinan lokal lebih lestari sebagai warisan budaya Indonesia.

    “Beberapa kerajinan tangan hasil karya narapidana juga ada di booth Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan telah disertifikasi sebagai kekayaan intelektual, ” ujarnya.

    “Selain itu, hasil kerajinan juga banyak dipasarkan di dalam negeri melalui kerja sama dengan pihak ketiga untuk menunjang perekonomian Indonesia, ” tambah Tejo.

    Perlu diketahui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah juga memperkenalkan layanan paspor simpatik dengan total kuota 400 permohonan.Tejo Harwanto berharap layanan paspor simpatik ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperoleh layanan keimigrasian secara efisien dan efektif.

    Tampak hadir mendampingi Kakanwil dalam kesempatan itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono, Kepala Divisi Keimigrasian Is Eddy Ekoputranto, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Anggiat Ferdinan.

    Turut hadir, Pejabat Administrator, Pengawas dan Pelaksana pada Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

    kemenkumhamri kemenkumhamjateng
    David Fernanda Putra

    David Fernanda Putra

    Artikel Sebelumnya

    Rutan Kudus Ikuti Desk Evaluasi Pembangunan...

    Artikel Berikutnya

    23 Satker Kemenkumham Jateng Melenggang...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Kemenkumham Sabet Penghargaan Anugerah Media Humas 2024
    Hendri Kampai: Teknik Membuat Prompt untuk Penulisan Rilis Berita
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Portal-portal Keren yang Banyak Digunakan untuk Search Engine Optimation
    Tim Advokasi Amicus Desak Presiden Jokowi Segera Revisi PP 94/2012 Demi Kesejahteraan Hakim

    Tags